Friday, March 9, 2018

Mengenal Potensi Terumbu Karang di Perairan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara


Kecamatan muara badak terutama di desa tanjung limau, dusun pangempang  mempunyai potensi wisata bahari yang saat ini terus berkembang pesat terutama wisata pantainya. Tetapi, selain wisata pantainya ada satu lagi potensi bawah lautnya yang saat ini tak tapi banyak di ketahui orang yaitu berupa keindahan terumbu karang di dasar perairannya beserta biota lautnya yang radiusnya tak jauh dari pulau pangempang. Ada 3 spot yaitu batu lampe besar, batu lampe kecil dengan jarak sekitar 7 km/4 mil laut dan batu tengah 5 km/3 mil laut dari pantai dengan kedalaman bervariasi dari kedalaman 4 meter untuk spot snorkeling dan sampai 14 meter  untuk diving. Jarak tempuh untuk menuju kesana memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan armada kapal nelayan.



Pada tanggal 27 februari kemaren perwakilan dari komunitas Jelajah Chiel Ipeth dan Rachman Bolang mendapat kesempatan untuk membuktikan bahwa terumbu karang di perairan muara badak memang ada dan sangat indah tentunya. Teman - teman dari Jelajah juga di fasilitasi untuk snorkeling (melihat terumbu karang dari permukaan air dengan menggunakan alat bantu masker, snorkel dan fin) dan Trial Dive.

Trial Dive
Yang perlu diketahui  Trial Dive adalah membawa seseorang yang belum memiliki sertifikasi selam untuk merasakan keindahan di bawah air, dan ini hanya boleh dilakukan oleh instruktur selam. Pada waktu itu yang mendampingi teman - teman dari Jelajah adalah bang Adnan Divers dan pak Muchlis Efendi yang juga ikut mendampingi untuk mendokumentasikan kegiatan pada saat berada di bawah air.


Ingin menikmati keindahan bawah laut dengan berbagai macam biota yang hidup di dalamnya, kini mulai di buka trip ekslusif dengan rincian biaya sebagai berikut :

Paket Snorkling 180.000 minimal 8 orang (disediakan alat snorkrling 2 set + transport ke lokasi snorkeling)
Paket Trial Dive 500.000 minimal 4 orang (full set diving "bawa badan" + transport kapal ke lokasi diving).
- muster point dipelabuhan nelayan muara badak
- transport ke muster point ditanggung sendiri
- makan ditanggung sendiri


Bagaiman penasaran ingin mencoba !!!

Ajak teman - teman kamu, kalau sudah cukup kuotanya bisa langsung menghubungi pak Muchlis Efendi  : HP/WA  081347641114
yang siap membawa kalian menikmati dunia baru...

" salam lestari "

#JelajahTangguh



EmoticonEmoticon