Tuesday, February 27, 2018

Camping Seru Bersama Jelajah di Pantai Panrita Lopi ( Muara Badak )


Berbicara tentang pesona wisata di Kecamatan Muara Badak - Kutai Kartanegara, tentunya takkan bisa lepas dari wisata pesisirnya berupa hamparan pantai yang membentang di Pulau Pengempang. Kalau dulu di wilayah samboja dan Balikpapan terkenal dengan wisata pantainya, maka sekarang pun kecamatan muara badak menjadi tujuan utama wisatawan untuk berwisata pantai. Jadi tak perlu jauh - jauh lagi kan ke Balikpapan :D 



Semenjak setahun yang lalu kawasan wisata di pulau pengempang terus di perluas dengan di bukanya beberapa pantai baru yang di kelola oleh pengusaha lokal maupun masyarakat setempat dan pantai Panrita Lopi adalah salah satunya.


Naah kali ini kita akan berkenalan dengan pantai Panrita Lopi yang posisinya berada di tengah pulau pengempang yang di apit oleh pantai Mutiara Laut di sebelah kanan dan pantai Kurma di sebelah kirinya. Pantai Panrita Lopi sendiri sangat cocok untuk di jadikan wadah rekreasi bersama keluarga maupun dengan orang - orang terdekat.


Untuk akses menuju ke pantai panrita lopi kita menyeberang ± 15 menit menggunakan kapal mesin yang posisi dermaganya berada di ujung, cukup membayar 15 ribu kita sudah diantar pulang - pergi. Sedangkan untuk tiket masuk ke pantainya sendiri menurut info terbaru dari pihak pengelola yang akan berlaku di bulan maret nanti sebesar 15 ribu ( dewasa ) dan 10 ribu ( anak-anak ). tentunya masih terjangkau kan :)

Pelabuhan penyebrangan ke pantai Panrita Lopi

Adapun fasilitas yang kita dapatkan adalah free gazebo, air bersih, toilet dan tempat mandi dan undasnya lagi adalah kita mendapatkan koran Samarinda Post . assik kan nyantai di pantai menikmati desiran ombak sembari membaca koran hari ini. Ujar urang jua meskipun lagi piknik masih tetap update lawan berita di daerah tercinta :D




Bagaimana dengan kondisi pantainya !

Pantai Panrita Lopi sendiri sudah tergolong bersih dan rapi tak terlihat kesan kumuh karena gazebo disana di buat permanen dan rindangnya pepohonan di sekitarnya membuat suasana sejuk, airnya sendiri bisa saya katakan jernih dan aman untuk bemandian disana nggak takut lagi betis terinjak karang karena di dasar airnya pasir semua. Demikian sedikit gambaran umum tentang pantai Panrita Lopi.


Camping seru ke 2 di pantai Panrita Lopi

Camping seru di Panrita Lopi sudah menjadi event yang di adakan sejak tahun kemaren dengan mengundang berbagai komunitas, dan di tahun ini komunitas Jelajah mendapat kehormatan di undang untuk mengikuti kegiatan camping seru ke 2 . Karena terkendala kesibukan masing - masing anggota kami dari Jelajah sendiri hanya bisa hadir pas hari sabtu sore saja, adapun kegiatannya sendiri berlangsung mulai hari jum'at sampai hari minggu dengan di isi berbagai acara baik itu camping bareng, lomba bola pantai, games,  hiburan musik, dan diskusi santai.


Acaranya sendiri meskipun sederhana tapi tak mengurangi kadar keseruannya sendiri, apalagi pas malam minggunya dimana di isi acara hiburan musik berasa lagi nonton konser artis ibu kota, kami beserta rekan - rekan pun tak kuasa menahan tubuh ini untuk ikut bergoyang bersama di bawah panggung. wkwk :D

Selesai acara hiburan musik masuklah di sesi acara diskusi santai, yang menjadi pembicaranya sendiri adalah pengelola pantai Panrita Lopi dan dosen dari Universitas Mulawarman ( unmul ) jurusan perikanan dan kelautan.

Diskusi santai 

Dinginnya suasana dimalam itu karena sempat di guyur hujan tak sekalipun menyurutkan niat kami mengikuti diskusi di malam itu, bagi saya yang awam ni ibaratkan mendapat kuliah umum perihal potensi di pesisir Muara Badak baik itu dari potensi pantai, mangrove, maupun potensi bawah lautnya berupa terumbu karang.
Pertama - tama dari pihak pengelola yang bercerita mulai awal di kelolanya Panrita Lopi dari yang awalnya di anggap sebelah mata karena pekerjaan orang gila yang ingin menyulap tempat sepi dan hanya sebuah rawa menjadi tempat wisata. Berkat usaha yang keras dan dukungan pemuda di Muara Badak yang tak kenal lelah maka jadilah pantai Panrita Lopi yang bisa kita nikmati keindahannya sekarang dan akan terus di kembangkan agar membuat nyaman para pengunjung.


Selepas itu diskusi dilanjutkan kali ini oleh dosen dari unmul yang banyak melakukan penelitian di pesisir muara badak. Awal - awalnya pak dosen bercerita tentang kerusakan terumbu karang di sekitar pesisir muara badak dan bagaimana perlahan tapi pasti progres rehabilitasi terumbu karang di perairan muara badak mulai membuahkan hasil yang memuaskan dengan di tandai semakin mudahnya nelayan mendapatkan hasil tangkapan ikan. Yang menarik dari diskusi malam itu kami banyak di paparkan tentang potensi wisata bawah laut berupa terumbu karang yang masih asri dan jaraknya juga tak terlalu jauh dari pulau pengempang. Jadi sekarang kalau mau snorkling nggak perlu jauh - jauh lagi cukup di muara badak saja kita bisa melihat keindahan terumbu karang dan biota lautnya.
Terumbu karang di pesisir Muara Badak
Demikianlah catatan singkat pada saat kami mengikuti camping seru ke 2 di pantai panrita lopi, selain seru - seruan bareng rekan - rekan pada saat camping kami pun mendapat edukasi yang beharga pada saat mengikuti diskusi semalam.


Padahi Dilan amun handak berwisata pantai dan menikmati keindahan surga di bawah laut cukup ke muara badak saja, di jamin ndik berat di ongkos :D

Foto bersama sebelum kembali ke samarinda

Sumber foto : Koleksi Jelajah dan foto terumbu karang by pak Muchlis


EmoticonEmoticon