Wednesday, January 31, 2018

Kokor Entimun Kuliner Khas Kutai

Resep membuat Kokor Entimun
Kokor Entimun

Etam kenalan dengan olahan kuliner khas kutai yaitu Kokor entimun, cara membuatnya sangatlah mudah dan praktis, tak perlu memerlukan waktu sampai berhari-hari, dan yang pastinya sangat ramah kantong.

Apabila lagi koler bemasak dan kepingin makanan sehat dan praktis maka bembuat kokor entimun sangatlah cocok, ya hitung-hitung sembari nurunkan tensi darah tinggi... wkwkwk

Naah kali ini Jejak Si Koceng ndak membagikan sebuah resep cara memolah kokor timun, pertama-tama yang harus disiapkan adalah bahan-bahannya. Seperti :
- 2 buah entimun ( timun )
- 3 siung bawang merah 
- 1 gelas santan kelapa murni 
- 3 bintir cabe atau bisa lebih sesuai selera
- gula, garam, micin, secukupnya

Cara membuatnya : pertama-tama cucilah terdahulu entimunnya sampai bersih, pastikan tidak ada kuman yang tersisa. Setelah itu entimunnya dibelah dua, dan jangan dikupas kulitnya, pastikan juga belahannya harus rata agar menghasilkan rasa yang nyaman. Apabila semua entimunnya sudah terbelah semua, ambillah sebuah sendok makan dan mulailah mengokor/mengeruk isi timunnya sampai terlihat tipis, dan kokoran entimunnya tadi dimasukkan kedalam mangkuk.

Untuk bumbunya : Bawang merah tadi di iris dan cabenya juga di potong-potong kemudian santan tadi juga dicampurkan semua ke mangkuk yang berisi entimun yang sudah di kokor isinya. Kemudian masukkan garam, gula, micin secukupnya, aduk sampai rata dan kokor timun pun sudah siap untuk di hidangkan.
Pasangan terbaik saat menyantab kokor timun adalah pija ( ikan asin ) jukut biawan yg baru selesai di goreng. Hehe

Demikianlah cara sederhana membuat kokor timun, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih


EmoticonEmoticon