Saturday, January 20, 2018

Diantara Manfaat Ngeblog

Ngeblog bermanfaat mengisi waktu luang


Hallo sobat JSKers ...

Kali ini JSK pengen ngebahas dikit soal apa sih manfaat praktis yang bisa kita dapetin dengan ngeblog ? Aktifitas nulis menulis yang sudah banyak ditekuni para netizen. Termasuk juga mungkin sobat JSKers yang menggeluti dunia blogger ini ya :)

Okey langsung aja nih. Apa perlunya ngeblog ?

Bagi JSK sendiri banyak lo manfaat yang bisa kita peroleh dengan rajin menulis. Paling tidak, diantara sekian banyak dampak positifnya, berikut ini yang menurut JSK paling kerasa sekaligus mungkin jarang diperhatikan  :


1. Alternatif mengisi waktu luang

Alternatif bermanfaat mengisi waktu luang


Tidak jarang orang kurang terampil memaintein waktu luangnya. Jadilah waktu terbuang percuma. Tidak efektif bermanfaat. Baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dengan ngeblog, kita tentu bisa beroleh manfaat. Menuliskan berbagai hal menarik atau hal baru yang belum banyak diketahui, sehingga pada gilirannya bisa ikut membantu orang atau pihak lain yang memerlukan. Waktu jadi lebih berfaedah kan ? :D


2. Mengasah keterampilan menyampaikan ide

Ikut melatih menyampaikan ide


Adakalanya kita menyimpan rasa, atau pendapat terpendam yang sulit tersalur. Akhirnya giliran ada kesempatan, omongan jadi ceplas ceplos tanpa arah. Dengan ngeblog sedikit banyak kita akan terlatih bagaimana cara menyampaikan ide, pendapat atau isi fikiran secara lebih mengena. Hasil ini diperoleh karena kebiasaan menulis. Alur fikiranpun menjadi lebih logis dan sistematis.


3. Memperluas wawasan

Menambah wawasan


Ngeblog tidak akan bisa sukses tanpa dibarengi usaha untuk menggali informasi yang valid atau benar secara lebih luas. Kalau upaya itu sudah kita lakukan maka otomatis wawasan kitapun bertambah. Menulis sebuah artikel tentang sesuatu tentu harus diikuti upaya mendapatkan informasi pelengkap sebanyak-banyaknya, agar informasi yang kita sampaikan lebih tepat dan yang penting, bisa dipertanggung jawabkan.


4. Referensi dokumentasi yang berguna

Dokumentasi tulisan dan foto


Artikel blog yang dibuat bisa menjadi bahan dokumentasi yang otentik. Sebuah peristiwa biasa, hingga luar biasa, tercover dengan gamblang. Tidak saja dalam bentuk tulisan. Tetapi juga biasanya dilengkapi foto atau gambar.


5. Menjaga kesehatan otak

Ikut melatih kesehatan otak


Otak jika tidak dilatih untuk tetap aktif akan bisa mengkerut loh. Menurun daya kerjanya. Ditambah lagi faktor bertambahnya usia. Kesehatan otak bisa dijaga dengan rajin berolah raga atau dengan kegiatan fisik keseharian. Selain secara fisik, mengolah jiwa atau mental juga dikatakan sangat baik menunjang kesehatan otak. Sebut saja dengan menulis, membaca, bermain teka teki atau banyak lagi. Ngeblog juga salah satu alternatif metode menyenangkan kita, melatih otak agar tetap sehat.

So sobat JSKers, tetap semangat ya ngeblognya :D


Foto : flickr